Iblis Yang Dilaknat Allah swt

Salah satu Imam muslim besar yang termasyur adalah Imam al-Ghozali. Beliau adalah seorang Imam yang sangat terkenal dengan nasehat-nasehatnya yang penuh dengan hikmah. Beliau adalah seorang Imam yang telah mengarang banyak kitab yang sangat bermanfaat bagi umat Islam. Di dalam salah satu kitab yang pernah dikarangnya, Imam al-Ghozali telah mengatakan bahwa sebenarnya Iblis memiliki beberapa sebutan.

Pada langit pertama, sesungguhnya iblis itu disebut dengan al-Abid (ahli ibadah), sedangkan pada langit yang keduanya disebut az-Zahid. Pada langit ketiga, namanya disebut al-Arif. Pada langit keempat, namanya adalah al-Wali. Pada langit kelima, namanya disebut at-Taqi. Pada langit keenam namanya disebut al-Kazin. Pada langit ketujuh namanya disebut Azazil manakala dalam Lauh Mahfudz, namanya ialah iblis.

Ketika Allah swt telah memerintahkan iblis untuk bersujud kepada Adam, Iblis pun menolak seraya berkata, “Apakah Engkau(Allah swt) lebih mengutamakannya daripada aku, sedangkan aku lebih baik daripadanya. Engkau(Allah swt) telah menjadikan aku dari api dan Engkau (Allah swt) telah menjadikan Adam dari tanah.”
Mendengar pernyataan Iblis, kemudian Allah swt pun berfirman yang artinya, “Aku membuat apa yang Aku kehendaki.” Iblis merasa bahwa golongannya itu lebih baik daripada Adam as, keangkuhan dan kesombongan telah membuat Iblis menolak perintah Allah swt untuk sujud kepada Adam as.

Seluruh Malaikat telah bersujud kepada Adam as dalam waktu yang lama, namun Iblis tidak mau mentaatinya. Hingga akhirnya ketika Malaikat telah bangkit dari sujudnya, Iblis tetap teguh pada keangkuhannya. Maka para Malaikat pun kembali bersujud lagi untuk bersyukur kepada Allah swt. Sementara itu, sang Iblis tetap angkuh dan tidak mau bersujud. Iblis masih tetap berdiri dengan tegak dan sombong serta memalingkan wajahnya dari para Malaikat yang tengah bersujud. Sama sekali tidak ada penyesalan atas keangkuhan yang telah mereka lakukan.

Setelah itu, Allah swt merubah muka iblis yang awalnya sangat indah cemerlang menjadi seperti babi hutan. Kepala Iblis dirubah menjadi seperti kepala unta, dadanya mirip seperti daging yang menonjol di atas punggung. Wajah iblis yang berada di antara dada dan kepalanya dibuat seperti wajah kera dengan kedua mata yang terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya. Allah swt juga membuat lubang hidung Iblis terbuka seperti cerek tukang bekam, kedua bibirnya menyerupai bibir lembu, taringnya keluar seperti babi hutan dengan jenggot sebanyak tujuh helai.

Iblis yang pada awalnya sangat indah cemerlang rupanya, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, banyak ibadah, serta menjadi kebanggan para Malaikat dan pemukanya, dan dia juga pemimpin para Malaikat karubiyin dan banyak lagi, telah berubah menjadi si buruk rupa. Semua kecemerlangan, kemuliaan, serta keindahan yang pernah dimilikinya tidak dapat memberikan jaminan apapun. Allah swt telah mengusir Iblis dari dalam surga, bahkan dari langit, dan dari bumi ke beberapa jazirah. Iblis pun menjadi makhluk yang terlaknat karena kekafirannya.

Malaikat Jibril dan Mikail pun menangis manakala Allah swt memberikan balasan atas tipu daya Iblis, maka Allah swt berfirman, “Apakah yang membuat kamu menangis?” Lalu mereka menjawab, “Ya Allah! Sesungguhnya kami tidaklah aman dari tipu dayamu.”
Kemudian Allah swt berfirman lagi yang artinya, “Begitulah Aku. Jadilah engkau berdua tidak aman dari tipu daya-Ku.”

Setelah Allah swt mengusir golongan Iblis, maka Iblis pun berkata, “Ya Tuhanku, Engkau telah mengusir aku dari Syurga disebabkan Adam, dan aku tidak menguasainya melainkan dengan penguasaan-Mu.”
Kemudian Allah swt menjawab dengan firman-Nya, “Engkau dikuasakan atas dia, yakni atas anak cucunya, sebab para nabi adalah maksum.”

Kemudian Iblis berkata lagi kepada Allah swt, “Tambahkanlah lagi untukku.” Maka Allah swt pun berfirman lagi, “Tidak akan dilahirkan seorang anak baginya kecuali tentu dilahirkan untukmu dua padanya.”
Lalu Iblis berkata lagi, “Tambahkanlah lagi untukku.”

Maka Allah swt berfirman yang artinya, “Dada-dada mereka adalah rumahmu, engkau berjalan di sana sejalan dengan peredaran darah.”

Merasa belum puas, Iblis pun kemudian berkata lagi, “Tambahkanlah lagi untukku.”

Kemudian Allah swt pun berfirman, “Dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukan yang berjalan kaki, artinya mintalah tolong untuk menghadapi mereka dengan pembantu-pembantumu, baik yang naik kuda maupun yang berjalan kaki. Dan bersekutulah dengan mereka pada harta, yaitu mendorong mereka untuk mengusahakannya dan mengarahkannya ke dalam perkara yang haram.”

“Dan pada anak-anak, yaitu dengan menganjurkan mereka dalam membuat perantara mendapat anak dengan cara yang dilarang, seperti melakukan senggama dalam masa haid, berbuat perkara-perkara syirik mengenai anak-anak itu dengan memberi nama mereka Abdul Uzza, menyesatkan mereka dengan cara mendorong ke arah agama yang batil, mata pencarian yang tercela dan perbuatan-perbuatan yang jahat dan berjanjilah kepada mereka.”

Hal ini sebagaimana telah difirmankan Allah di dalam Al Quran surah Al Isra: 64, yang artinya:

“Gerakkanlah orang yang engkau kuasai di antara mereka dengan suara engkau dan kerahkanlah kepada mereka tentera engkau yang berkuda dan yang berjalan kaki dan serikatlah mereka pada harta dan anak-anak dan berjanjilah kepada mereka. Tak ada yang dijanjikan iblis kepada mereka melainkan (semata-mata) tipuan.” (QS. Al Isra: 64)

Dari uraian di atas, semoga kita dapat menghindarkan diri dari sifat angkuh dan sombong, membanggakan diri dan merendahkan orang lain, kufur dan tidak mau melaksanakan perintah Allah swt, karena semua itu adalah sifat-sifat Iblis yang menyebabkan mereka menjadi makhluk yang dilaknat oleh Allah swt. Dan semoga Allah swt senantiasa memberikan kekuatan dan petunjuk-Nya kepada kita, sehingga kita dapat terhindar dari segala bentuk godaan dan fitnah yang dilancarkan oleh Iblis laknatullah. Amin.

www.syahadat.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: