Anak-anak dan Makanan Sehat

Memiliki anak-anak yang cerdas dan berprestasi di sekolah tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang tua, tanpa terkecuali. Setiap ibu dan setiap ayah pasti menginginkan anak-anak yang cerdas dan berprestasi, yang akan menjadi kebanggaan setiap orang yang mengenalnya kelak.

Banyak faktor yang harus diperhatikan untuk dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak-anak. Dan salah satu faktor yang memang harus selalu diperhatikan adalah makanan si anak. Masa anak-anak adalah masa tumbuh kembang, baik secara fisik, mental, maupun intelektual. Oleh karena itu, terpenuhinya kebutuhan gizi yang diperoleh di dalam makanan yang mereka konsumsi harus menjadi perhatian ekstra.

Anak-anak yang memperoleh asupan makanan dengan kadar gizi yang tinggi akan tumbuh menjadi anak-anak yang memiliki kualitas kecerdasan yang baik. Terpenuhinya kebutuhan gizi tersebut akan menutrisi setiap sel otak anak-anak yang masih berada dalam tahap perkembangan tersebut. Dengan demikian, anak-anak akan memiliki daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi yang sangat baik.

Sebaliknya, anak-anak yang kebutuhan gizinya tidak terpenuhi akan mengalami hambatan dalam perkembangan sel-sel otaknya. Akibatnya, anak-anak akan mengalami penurunan daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi. Kerja otak anak tidak akan berfungsi secara maksimal. Tentunya, tidak ada orangtua yang menginginkan hal tersebut terjadi pada anak-anak mereka. Untuk itu, ada baiknya bagi setiap orang tua untuk terus memberikan perhatian secara ekstra dalam memberikan makanan kepada anak-anak mereka. Selain makanan itu enak, yang terpenting adalah harus memiliki kandingan gizi yang tinggi, yang dapat memenuhi kebutuhan gizi anak-anak mereka.

Berikut kami coba berikan beberapa daftar nama makanan atau bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, yang akan membantu memenuhi kebutuhan gizi anak-anak anda.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu jenis bahan makanan yang jika dikonsumsi pada siang hari akan akan menjadi pendukung energi dan daya kerja otak pada sore hari. Kandungan protein dan karbohidrat yang kompleks menjadikan kacang sebagai salah satu sumber energi bagi otak anak-anak. Selain itu, kacang juga kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral.


Gandum murni

Gandum murni memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi, yang berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan sistem syaraf otak anak-anak. Selain itu, serat yang terdapat di dalam gandum murni juga akan mendukung otak untuk memenuhi kebutuhannya akan persediaan glukosa.
Selai kacang

Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh otak adalah vitamin E. Vitamin E ini akan berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi membran-membran sel saraf. Selain itu, vitamin E juga dapat mendukung otak dan sistem syaraf dalam penggunaan glukosa untuk melengkapi kebutuhan energi otak. Vitamin E ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi selai kacang.
Sayuran berwarna

Anak-anak juga dapat memperoleh sumber nutrisi dan zat antioksidan bagi sel-sel otak mereka dengan banyak mengkonsumsi aneka sayuran berwarna. Wortel, ubi jalar, labu, tomat, bayam, dan sebagainya merupakan beberapa contoh sayuran kaya nutrisi, yang sekaligus dapat menjadi sumber antioksidan bagi otak anak-anak. Mengkonsumsi sayuran berwarna akan membantu menyehatkan dan memperkuat daya kerja otak anak-anak.
Berry

Ekstrak blueberry dan strawberry dapat membantu perbaikan daya otak bagi anak-anak. Selain mengandung vitamin C berkadar tinggi yang dapat mencegah penyakit kanker, berry juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Strawberry, cherry, blueberry, dan blackberry adalah beberapa jenis berry yang banyak dikenal di masyarakat. Biasanya, semakin kuat warna berry, maka semakin tinggi pula kandungan nutrisi di dalamnya.
Salmon

Ikan jenis salmon ini memiliki kandungan yang sangat bagus bagi perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak, yaitu kandungan asam lemak omega-3 – DHA and EPA – yang tinggi. Hasil penelitian telah menyatakan bahwa anak-anak yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak ternyata memiliki daya ingat dan kecerdasan yang yang sangat memuaskan ketimbang anak-anak yang memperoleh sedikit asupan asam lemak. Dan telah diketahui pula bahwa ternyata ikan salmon ini memiliki kandungan asam omega-3 lebih tinggi ketimbang ikan tuna.
Oat/Oatmeal

Salah satu jenis makanan sereal yang kaya akan kandungan zat-zat yang diperlukan oleh otak anak-anak adalah Oatmeal. Di dalam Oatmeal terkandung sumber vitamin E, vitamin B, potassium, dan juga seng. Semua zat penting tersebut akan membantu tubuh dan otak anak-anak untuk dapat bekerja secara maksimal. Oatmeal ini sangat baik untuk dijadikan menu makan pagi bagi anak-anak, karena ia akan menjadi bahan bakar otak mereka di pagi hari.


Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak akan membantu menyediakan zat besi bagi otak anak-anak. Selain itu, daging sapi tanpa lemak juga memiliki kandungan seng, yang juga berfungsi untuk memelihara daya ingat anak-anak. Kedua zat tersebut akan membuat anak-anak mampu berpikir dan berkonsentrasi dengan maksimal.


Telur

Bahan makanan lain yang juga memiliki kandungan penting bagi tumbuh kembang anak-anak adalah telur. Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi ini ternyata juga memiliki peran yang cukup baik dalam membantu meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Telur yang merupakan salah satu bahan lauk-pauk yang relatif lebih murah ketimbang bahan makanan atau bahan lauk ini, ternyata sangat baik untuk dijadikan asupan bagi anak-anak. Adanya kandungan kolin di dalam kuning telur, ternyata mampu membantu meningkatkan daya ingat anak-anak.
Susu dan Yogurt

Selain dapat memberikan rasa kenyang, susu dan yogurt merupakan bahan makanan yang sangat penting bagi tumbuh kembang otak anak-anak. Kandungan protein dan vitamin B yang tinggi yang terdapat di dalam susu dan yogurt akan sangat membantu dalam proses pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Baik anak-anak maupun remaja, susu merupakan salah satu bahan makanan yang jangan sampai terlewatkan, karena sangat berguna bagi tumbuh kembang dan daya kerja otak mereka.

Itulah beberapa contoh jenis bahan makanan sehat yang hendaknya senantiasa ada dalam menu makan anak-anak. Tentunya, masih banyak lagi jenis-jenis bahan makanan yang dapat kita temui dan memiliki kandungan yang dapat mendukung kebutuhan gizi anak-anak.

Masa anak-anak adalah masa tumbuh kembang, untuk itu hendaknya orang tua senantiasa memberikan makanan-makanan dengan kandungan yang mampu mendukung proses tumbuh kembang tersebut. Jagalah kulaitas menu makan 4 sehat 5 sempurna bagi anak-anak, agar fisik dan otak mereka dapat bekerja secara maksimal. Dengan demikian, anak-anak akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan dengan cepat, baik secara fisik, mental, maupun intelektual.

Demikian. Semoga bermanfaat.

www.sekeluarga.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: