Humor di Dalam Rumah Tangga

Membina rumah tangga yang sehat tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Meskipun bayang-bayang keindahan terus menggebu di awal pernikahan, namun semua itu dapat saja berlalu dengan mudah dalam waktu tiga bulan saja, atau bahkan kurang. Kejenuhan atau rasa bosan biasanya sering kali menjadi dalang terjadinya hal tersebut. Kejenuhan atau rasa bosan merupakan salah satu sifat yang memang sudah pasti terdapat di dalam diri setiap manusia. Lalu, bagaimana jika kejenuhan atau rasa bosan itu mulai menapakkan kakinya di dalam kehidupan rumah tangga anda?

Ibarat sayur yang kurang bumbu, tentu saja rasanya akan hambar. Seperti itu jugalah kehidupan rumah tangga. Kurangnya bumbu-bumbu penyedap akan menyebabkan kehidupan rumah tangga menjadi hambar, hampa, membosankan. Terlebih lagi, rumah tangga merupakan wadah yang menjadi muara permasalahan dua insan (minimal), suami dan isteri.  Begitu banyak permasalahan yang selalu mewarnai kehidupan rumah tangga, jika tidak  diseimbangkan dengan selalu menambahkan bumbu-bumbu pemanis dan penyedap, maka hilanglah kehangatan di dalam rumah tangga tersebut.

Untuk menghindari kejenuhan atau rasa bosan  di dalam kehidupan rumah tangga, hendaknya seorang suami dan isteri sering melakukan hal-hal yang melakukan hal-hal yang menyenangkan. Ciptakan sesuatu yang dapat membuat anggota keluarga tersenyum dan tertawa dengan ceria. Karena, senyum dan tawa adalah salah satu pembersih kotoran berupa kejenuhan.

“Humor”, itulah salah satu bumbu pemanis, bumbu penyedap yang harus diberikan dalam kehidupan rumah tangga. Dengan adanya humor, maka kejenuhan akan hilang dan berubah menjadi senyum dan tawa yang penuh dengan kehangatan. Humor akan menyeimbangkan kehidupan rumah tangga yang tentunya banyak melewati permasalahan.

Rumah tangga yang monoton berpotensi  besar untuk menimbulkan kejenuhan atau rasa bosan. Keceriaan, senyum dan tawa, cerita-cerita lucu, canda, dan sebagainya adalah salah satu penawar kejenuhan dalam rumah tangga yang cukup efektif. Tertawa bersama dapat menghilangkan energi negatif dan menciptakan energi positif antara suami dan isteri.

Humor akan memberikan nuansa keheningan, kenyamanan, ketenangan, dan  suasana yang tentunya jauh lebih santai. Humor akan menghilangkan ketegangan di dalam rumah tangga. Ketegangan-ketegangan yang terdapat di dalam rumah tangga akan mencair bagai air yang mengalir tanpa halangan.

Humor memang merupakan salah satu perangkat untuk menciptakan kehidupan rumah tangga yang ceria, hangat, nyaman, dan tenteram. Namun, humor pun memiliki batasan-batasan yang juga harus diperhatikan oleh setiap orang ketika hendak  melakukannya (membuat lelucon). Tanpa mengetahui dan  mempertimbangkan batasan-batasan tersebut, maka boleh jadi humor anda justru akan meimbulkan kesan negatif atau masalah baru.

Adapun batasan-batasan yang terdapat dalam humor minimal adalah sebagai berikut:

  1. Hindari humor yang menyinggung masalah SARA dan seluruh masalah yang sensitif untuk pasangan.
  2. Kenali  karakter suami atau isteri anda dengan baik. Dengan demikian akan mempermudah kita untuk menentukan jenis  humor yang akan kita keluarkan.
  3. Jangan bercanda atau mengolok-olok  secara berlebihan (keterlaluan) dan terus-menerus. Karena, mengolok-olok secara berlebihan jutru dapat menyinggung atau bahkan menyakiti hati suami atau isteri anda.
  4. Ketika hendak  bercanda, sebaiknya diperhatikan situasi dan suasananya terlebih dahulu. Jangan bercanda di saat sedang genting atau ketika suami atau isteri  anda sedang membutuhkan tanggapan yang serius.
  5. Yang perlu juga untuk diperhatikan adalah seberapa besar selera humor suami atau isteri anda. Jika ternyata suami atau isteri anda memang tidak suka bercanda, maka jangan memaksakannya. Anda  dapat menggantikannya dengan mengajak suami atau isteri anda untuk menonton film komedi dan sebagainya.

Itulah beberapa batasan untuk membubuhkan humor dalam kehidupan rumah tangga. Tentu saja atasan-batasan tersebut dapat diperluas lagi sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada pada masing-masing rumah tangga.

www.sekeluarga.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: