Malu di dalam Islam

“Ciri” adalah salah satu aspek yang dapat mempengaruhi nilai segala sesuatu. Islam pun akan memiliki nilai manakala ciri yang seharusnya terdapat di dalam agama Islam itu. Untuk dapat menjaga dan mempertahankan Islam agar tetap bernilai dan dihargai, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga dan mempertahankan ciri khas Islam. Lalu, apakah ciri khas Islam yang harus dijaga tersebut?

Sebagai agama yang haq dan bersumberkan dari nilai-nilai Robbani, agama Islam memiliki ciri khas yang sangat banyak, dan salah satunya adalah rasa malu. Rasa malu inilah salah satu ciri khas yang harus dijaga oleh umat Islam.

“Setiap agama mempunyai ciri khas, dan ciri khas Islam adalah malu.” (HR. Baihaqi)

Kenapa Islam saat ini seperti kehilangan harga diri? Banyak pihak yang mencemooh dan meremehkan agama Islam. Salah satu penyebabnya adalah Karena umat Islam sudah melupakan salah satu ciri Islam itu sendiri. Rasa malu telah hilang dari dalam hati sebagian umat Islam. Banyak sekali orang muslim yang berbuat maksiat dengan terang-terangan, korupsi, pembunuhan, pemerkosaan, dan kedzoliman-kedzoliman yang lain. Semua itu mereka lakukan karena mereka telah kehilangan rasa malu. Dan kebodohan umat Islam itu sendirilah, akhirnya Islam dipandang rendah, Islam diremehkan.

Jika rasa malu sebagai salah satu ciri khas Islam dapat dijaga dengan sebaik-baiknya oleh umat Islam itu sendiri, maka niscaya nama Islam akan bersih. Tidak ada lagi pihak-pihak yang akan meremehkan atau mencemooh Islam. Karena mereka melihat agama Islam sebagai agama yang memiliki jati diri, sebagai agama yang membawa umatnya ke dalam golongan orang-orang yang benar-benar menjaga dirinya dari perbuatan aniaya, dzolim, dan maksiat.

Jika seseorang telah dapat menghidupkan rasa malu karena Allah di dalam hatinya, maka niscaya ia akan terpelihara dari perbuatan laknatullah. Kapanpun dan dimanapun ia hendak bermaksiat atau berbuat dzolim, ia akan merasa malu kepada Allah sehingga tidak akan melakukan hal tersebut. Demikianlah seharusnya umat muslim yang beriman kepada Allah.

www.syahadat.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: