Agar Anak-Anak Tidak Manja

Manja merupakan salah satu sifat yang terdapat pada manusia. Dalam porsi dan situasi yang tepat, kemanjaan merupakan satu hal yang memang dibutuhkan. Namun, dalam porsi dan situasi yang tidak tepat, tentu saja tidak akan memiliki atau memberikan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari.

Usia anak-anak adalah sebuah masa di mana kemanjaan manusia mulai tumbuh dan bersarang. Kemanjaan pada anak-anak tersebut memang satu hal yang memang pasti ada. Namun, jangan biarkan anak-anak anda terjerumus dalam sikap manja yang berlebihan. Karena, memanjakan atau kemanjaan yang berlebihan pada anak-anak justru akan membuat mereka menjadi anak-anak atau pribadi yang lemah. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghindarkan anak-anak anda dari sifat manja yang berlebihan.

  1. Jangan selalu menuruti keinginan anak-anak anda. Anda harus dapat menyaring dari keinginan-keinginan anak-anak, dan mengambil hanya yang bermanfaat bagi anak-anak anda. Keinginan anak-anak yang hanya bersifat konsumtif atau untuk bersenang-senang semata, hendaknya tidak selalu dituruti.
  2. Kemudian, anda juga harus mampu menjadi contoh yang baik bagi anak-anak anda. Hindari kebiasaan konsumtif, terutama dihadapan anak-anak anda, karena hal itu dapat menjadi contoh yang akan mereka tiru kelak.
  3. Selain kita sebagai orangtua, hendaknya saudara anda pun tidak membiasakan untuk memanjakan anak-anak anda. Berikan pengertian kepada saudara anda untuk tidak  memanjakan anak-anak anda.
  4. Jangan memberikan hadiah secara berlebihan.
  5. Buatlah batasan-batasan untuk menuruti maupun menolak keinginan-keinginan anak anda dengan terlebih dahulu mempertimbangkan baik dan buruknya bagi anak-anak anda. Dengan demikian, anda tidak akan merasa ragu untuk mengatakan “tidak” pada keinginan anak-anak anda yang memang telah anda buat batasan-batasannya.
  6. Belajarlah untuk memahami mana yang benar-benar keinginan anak-anak anda, dan mana yang hanya ikut-ikutan saja, misalnya karena temannya membeli sebuah mobil-mobilan maka ia pun meminta dibelikan.
  7. Jika anak-anak anda biasa mengajukan banyak permintaan di hari ulang tahunnya atau pada hari-hari raya tertentu, maka ajarkanlah kepada mereka untuk memilih yang terbaik dari banyaknya permintaan tersebut. Dengan demikian, anda tidak perlu menuruti seluruh permintaannya sekaligus mengajarkan anak-anak anda untuk menentukan pilihan yang paling baik baginya.
  8. Ajarilah anak-anak anda untuk berbuat amal, yaitu dengan cara mengamalkan pakaian bekas layak pakai mereka kepada orang-orang yang tidak mampu.
  9. Libatkan anak-anak anda pada organisasi-organisasi yang sesuai dengan usianya untuk menumbuhkan sikap mandiri, tanggung jawab, dan kepemimpinan dalam dirinya.
  10. Ajaklah anak-anak anda untuk membantu program-program di lembaga-lembaga keagamaan sekitar tempat tinggal anda atau di lingkuangan sekolah anak-anak anda.

www.sekeluarga.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: