Memilih Busana Muslimah

Dahulu, banyak orang yang berpikiran bahwa busana muslimah itu kampungan dan sangat membosankan. Namun seiring perkembangan zaman, busana muslimah kini telah berhasil merebut banyak hati kaum muslimah, bahkan dapat dikatakan telah memiliki tempat dalam trend busana.

Berbagai perubahan yang dilakukan pada busana muslimah telah berhasil melahirkan trend busana-busana muslimah yang bukan itu-itu saja. Berbagai perancang busana muslimah terus berlomba-lomba untuk menciptakan jenis-jenis busana muslimah yang baru dengan berbagai perubahan yang menggiurkan kaum muslimah.

Semakin menjamurnya berbagai pilihan busana muslimah, tentunya akan memberikan kemudahan kepada setiap muslimah dalam memilih dan mendapatkan busana muslimah yang diinginkannya. Di sisi lain, keanekaragaman pilihan busana muslimah tentunya juga memberikan satu tuntutan baru bagi para muslimah sebagai konsumen busana muslimah itu sendiri.

Keanekaragaman pilihan busana muslimah yang kian berkembang telah menuntut umat muslimah untuk lebih jeli lagi dalam memilih busana muslimah yang akan ia beli dan pergunakan. Hal ini karena sebenarnya Islam telah menetapkan aturan-aturan yang berkaitan dengan busana muslimah. Sedangkan pada kenyataanya, tidak setiap busana muslimah yang beredar di pasaran telah memenuhi persyaratan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Islam itu sendiri. Itulah mengapa pada akhirnya umat muslimah harus lebih jeli lagi dalam memilih busana muslimah.

Busana muslimah adalah busana yang telah ditetapkan persyaratannya oleh Islam. Untuk itu, memilih busana muslimah pun hendaknya senantiasa bersandar pada ketetapan Islam tersebut. Tentunya dalam melakukan pemilihan sebelum akhirnya membeli dan menggunakan busana muslimah tersebut, seorang muslimah boleh saja turut mempertimbangkan aturan-aturan atau pandangan-pandangan umum yang berlaku seputar busana atau busana muslimah. Berikut beberapa hal yang hendaknya menjadi pertimbangan manakala mencari atau memilih busana muslimah:

Kenali keadaan diri sendiri

Hendaknya memilih dan menggunakan busana muslimah yang sesuai dengan keadaan diri, baik keadaan secara lahiriah maupun bathiniah.

Pilihlah busana-busana muslimah yang sesuai dengan keinginan kita. Jangan memaksakan diri untuk menggunakan busana muslimah yang tengah menjadi trend sementara hati menolaknya atau tidak menyukainya.

Sesuaikan dengan keadaan

Janganlah memilih dan menggunakan busana muslimah semaunya saja tanpa mengindahkan keadaan yang ada. Beri perbedaan antara busana muslimah yang akan anda gunakan dalam aktivitas yang dilakukan pada malam hari dan siang hari.

Selain itu, sesuaikan pula busana muslimah anda dengan aktivitas yang akan anda lakukan, apakah untuk di rumah, di kantor, acara resmi atau santai, dalam nuansa berduka atau bahagia,  dan lain-lain.

Pertimbangkan corak, warna, dan bahan busana

Untuk keindahan dan kenyamanan anda, jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan warna, corak, dan bahan busana muslimah yang akan anda kenakan. Jangan sampai menggunakan busana muslimah yang berbahan terlalu tebal pada aktivitas siang hari ketika panas begitu menyengat. Atau sebaliknya, jangan pula menggunakan busana muslimah berbahan terlalu tipis dalam keadaan dingin (yang tentunya juga tidak sesuai dengan persyaratan busana muslimah).

Perpaduan antara corak dan warna busana muslimah yang sesuai tentunya akan menyempurnakan keindahan penampilan para muslimah. Dan jangan lupa pula untuk memilih busana muslimah dengan corak atau warna yang matching dengan kulit anda, sehingga tidak menimbulkan kesan yang saling berbenturan antara warna kulit dengan warna busana muslimah yang anda kenakan.

Perhatikan keserasian antara usia dan trend yang berlaku

Sedapat mungkin pilih dan pergunakanlah busana muslimah yang sesuai dengan trend yang sedang berkembang, atau paling tidak mendekati trend tersebut. Hal ini bertujuan agar anda tidak jenuh dengan busana muslimah yang itu-itu saja, dan tentunya hal ini juga akan turut menghilangkan kesan kampungan bagi para muslimah yang selalu menggunakan busana muslimah yang syar’i.

Selain harus sedapat mungkin mampu menyesuaikan dengan trend yang sedang berlaku, setiap muslimah juga hendaknya dapat mempertimbangkan usianya masing-masing. Karena tidak semua busana muslimah dewasa dapat atau cocok digunakan oleh setiap orang dewasa. Pemilihan busana muslimah yang sesuai dengan trend namun tanpa mempertimbangkan keadaan usia si pengguna busana muslimah itu sendiri tentunya justru akan menimbulkan kesan negatif bagi diri mereka sendiri.

Perhatikan keserasian antar setiap bagian buasana

Jangan pernah mengabaikan keserasian antar setiap bagian busana muslimah yang pada dasarnya merupakna satu rangkaian. Karena tanpa adanya keserasian antar setiap bagian busana muslimah, justru akan menimbulkan pandangan negatif terhadap budaya muslimah itu sendiri.

Perhatikan keserasian antara atasan dengan bawahan, jilbab dan atau kerudungnya, bros-nya, pin-nya, manset, dan lain-lain.

Memenuhi Persyaratan Busana Muslimah

Dan faktor utama yang sama sekali tidak boleh dilupakan adalah persyaratan busana muslimah yang syar’i, yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Busana muslimah harus dapat menutupi seluruh tubuh, kecuali yang memang diperbolehkan sesuai dengan syariat Islam (wajah dan telapak tangan).
  2. Busana muslimah tidak boleh tembus pandang sehingga dapat menampakkan aurat si pengguna.
  3. Selain tidak boleh transparan (tembus pandang), busana muslimah juga tidak boleh ketat (yang dapat memperlihatkan lekuk tubuh).
  4. Busana muslimah hendaknya tidak berfungsi sebagai perhiasan (tabarruj) yang dapat menarik perhatian umum, khusunya perhatian lawan jenis.
  5. Busana muslimah untuk laki-laki tidak menyerupai busana muslimah untuk wanita, dan busana muslimah  untuk wanita tidak menyerupai busana muslimah untuk laki-laki.
  6. Busana muslimah tidak menyerupai pakaian orang-orang kafir.
  7. Busana muslimah yang digunakan tidak bertujuan untuk mencari popularitas dunia.

3 Tanggapan to “Memilih Busana Muslimah”

  1. puang cahaya Says:

    PKS apa kabare

    Pks terkesan seperti menjual diri, itu kata pengamat politik dari UI ( di kampung saya yang terkesan menjual diri namaya PELACUR, musuhnya cuma dua pertama, Satpol PP, kedua, FPI )

    PKS partai yang memperjuangkan nilai-nilai ke islaman itu bisa di baca dari logonya.

    Berkualisi dengan partai sekuler dan dewan pembinanya menyarankan simbol-simbol agama jangan di gunakan dalam berpolitik

    Apakah nilai-nilai islami dapat di sandingkan dengan faham sekuler ???

    Wahai PKS, engkau memperjuangkan nilai-nilai ke islaman atau sekuler ????

    http://puangcahaya.dagdigdug.com

  2. nurdiyon Says:

    Wallahua’lam saudaraku…

    Kita tidak pernah mengerti secara pasti apa yang tengah terjadi di sana, apa yang sebenarnya mereka lakukan, dan alasan serta tujuan mereka dalam mengambil tindakan.

    Hanya Allah swt yang Maha Mengetahui isi hati, baik yang tersembunyi maupun yang terlahir. Berdoa saja semoga Allah swt senantiasa membantu hamba-Nya yang benar2 berjihad di jalan-Nya.

    Serahkan saja semuanya kepada Allah swt…

    Wallahua’lam

  3. gamis murah Says:

    thx info artikel tipsnya sangat membantu
    GAMIS MURAH

    Salam Kenal ya dari Kami GAMIS MURAH

    Sambil tukeran link ya😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: