Jangan Lakukan Ini Pada Anak-Anak!

Anak adalah buah hati dan lambang cinta dari kedua orangtua. Mereka adalah kehidupan yang memberikan senyum baru bagi setiap orangtua. Seyognya, anak-anak memperoleh pendidikan yang benar mengenai kehidupan dari orangtua mereka. Namun kenyataannya, saat ini begitu banyak anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan tentang kehidupan ini dengan baik dari pihak orangtua. Bahkan, banyak pula orangtua yang salah dalam mendidik anak-anak mereka untuk mengenal dan mempelajari kehidupan.

Kesalahan orangtua dalam bersikap kepada anak-anak mereka merupakan satu perkara yang akan menimbulkan efek yang sangat tidak baik. Sikap orangtua kepada anak-anak mereka merupakan pendidikan dasar yang akan diterima oleh anak-anak. Maka sikap yang salah kepada anak-anak, tentunya merupakan salah satu pendidikan yang salah pula. Dan kesalahan ini akan menimbulkan efek-efek negatif yang sangat merugikan. Beberapa efek negatif yang akan timbul pada anak-anak biasanya adalah sebagai berikut:

  • Anak akan menjadi keras kepala (susah diatur)
  • Anak akan menjauhi orangtuanya (paranoid)
  • Menjadikannya sebagai anak yang minder (tidak memiliki kepercayaan diri)
  • Anak akan tumbuh sebagai sosok pemurung
  • Anak akan tumbuh menjadi sosok yang emosional, sebagai bentuk adaptasi dari sikap orangtuanya kepadanya atau sebagai bentuk pelampiasannya atas sikap orangtuanya kepadanya
  • Anak memiliki tingkat kepedulian yang rendah terhadap sesama
  • Anak akan kehilangan kemandirian

Tentunya tidak ada orangtua yang menginginkan agar anaknya dapat tumbuh menjadi pribadi-pribadi dengan sifat dan perilaku seperti di atas. Untuk itu, hendaknya orangtua harus dapat bersikap dengan baik dan benar manakala menghadapi anak-anak mereka. Jangan sampai orangtua memperlakukan anak-anak dengan sikap yang salah, yang akhirnya dapat menjatuhkan kepribadian sang anak.

Banyak hal yang sebenarnya harus dihindari oleh setiap orangtua untuk dapat memberikan sikap dan perlakukan yang baik dan benar kepada anak-anaknya. Berikut ini adalah sebagian kecil yang hendaknya dihindari oleh setiap orangtua dalam menghadapi atau memperlakukan anak-anak mereka. Semoga dengan menghindarkan sikap-sikap berikut, orangtua dapat menghilangkan atau minimal dapat meminimalisir kesalahan mereka dalam mendidik anak-anaknya, sehingga anak-anak akan memperoleh pendidikan yang terbaik dari setiap orangtua.

  • Mengacuhkan anak-anak anda yang akhirnya akan dapat membuat sang anak menjadi keras kepala (susah diatur).
  • Bersikap kasar. Sikap semacam ini (baik secara lisan maupun perbuatan) akan membuat sang anak senantiasa menjauhi orangtuanya karena merasa takut. Sikap kasar yang diterima sang anak juga dapat menyebabkannya menjadi anak yang pemurung dan atau emosional. Kejenuhan terhadap sikap kasar yang diterimanya juga berpotensi menyebabkannya menjadi seorang yang susah diatur.
  • Mencintainya hanya pada saat dia melakukan hal-hal yang sesuai keinginan anda. Hal ini juga akan membuat anak-anak merasa tidak berguna manakala ia diacuhkan karena melakukan sesuatu yang tidak diharapkan oleh orangtuanya.
  • Membanding-bandingkannya dengan orang lain, hal ini akan membuat anak anda merasa minder, bodoh, dan tidak berguna.
  • Memberikan kritikan yang tidak membangun atau perkataan yang menjatuhkan harga diri anak, seperti; “Dasar anak nakal!”, “Dasar anak bodoh!”.
  • Menyalahkan anak atas sesuatu yang anda lakukan yang akan membuat anak senantiasa merasa tertekan.
  • Mengisolasinya dari lingkungan yang akan membuatnya menjadi sosok penyendiri, kaku dalam pergaulan dan miskin akan pengalaman.

www.sekeluarga.com

4 Tanggapan to “Jangan Lakukan Ini Pada Anak-Anak!”

  1. wahyu am Says:

    nice post gan😆

    buat bekal nanti kalo saya sudah punya ank. aminn.

  2. sari Says:

    pendidikan bukan hanya di sekolah, namun juga di dalam rumah. orangtua memang sangat berperan dalam membentuk karakter anak-anaknya, karena rumahlah tempat pendidikan pertama bagi sang anak.

    nais inpo!

  3. gessi Says:

    saya sangat setuju, nihh…
    malah pendidikan utama justru di rumah, disekolah hanyalah nomor 2, namun banyak orang tua yang malahan salah kaprah menempatkannya terbalik..

  4. stainless tanks Says:

    Terima kasih yah?
    walaupun saya belum punya anak tp sangat bermanfaat sekali buat saya nantiya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: