Tanda-Tanda Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu kebahagiaan yang tidak ternilai bagi seorang ibu, begitu juga bagi sang ayah (suami). Karena hanya dengan kehamilan dan melahirkan anak inilah sebagian besar wanita baru akan merasa menjadi wanita yang sempurna.

Ketika kata hamil atau positif terdengar ditelinganya, tentunya sang ibu dan suami pun akan merasa sangat bahagia, terlebih lagi bagi mereka yang baru menikah atau belum pernah dikaruni keturunan sebelumnya. Kehadiran anak pertama akan sangat membahagiakan pasangan suami istri.

Kehamilan memang biasanya hanya dapat dilihat secara pasti oleh seorang dokter. Namun, sebenarnya untuk mendeteksi kehamilan juga dapat dilakukan sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengenali tanda-tanda atau gejala-gejala yang muncul pada dirinya. Berikut ini tanda-tanda atau gejala-gejala yang biasa terdapat pada seorang ibu yang sedang hamil:


Menstruasi Terhenti

Salah satu pertanda bahwa wanita memang tengah hamil adalah dengan terhentinya siklus menstruasi. Untuk itu, hendaknya setiap wanita senantiasa mengingat tanggal pertama (kebiasaan) ketika datang haidh. Dengan mengetahui kapan tanggal pertama datangnya haidh, maka akan lebih mudah untuk mengetahui usia kandungan yang tengah tumbuh di dalam perut sang ibu.


Rasa Mual dan Muntah

Pada bulan-bulan pertama ketika masa kehamilan, bisanya seorang wanita akan mengalami mual dan muntah-muntah yang biasa dikenal dengan sebutan “morning sickness”. Sesuai dengan sebutannya, maka kebiasaan mual dan muntah-muntah ini biasanya terjadi hanya pada waktu pagi hari saja. Keadaan mual dan muntah-muntah ini terjadi karena adanya perubahan yang terjadi pada hormon sang ibu.


Sering buang air kecil

Sering buang air kecil ini terjadi karena tekanan dari rahim yang membesar terhadap kandung kencing. Biasanya gejala ini akan  berkurang ketika kandungan mencapai usia 12 minggu, namun akan timbul kembali ketika kandungan mencapai usia 28 minggu.


Mengidam

Gejala inilah yang paing dikenali oleh setiap ibu manakala ia sedang hamil, yaitu keinginan untuk memakan makanan tertentu. Gejala mengidam ini biasanya terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan.

www.sekeluarga.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: