Menidurkan Bayi

lagi boboApakah anda menyayangi bayi mungil anda? Jawabannya sudah pasti “Ya”. Setiap orangtua tentunya sangat menyayangi bayi mungil yang merupakan buah cinta yang tidak ternilai harganya. Setiap orangtua pastinya menginginkan yang terbaik bagi bayi mereka dan senantiasa berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi si bayi mungil mereka dalam hal apapun, sebesar apapun.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa bayi senantiasa menghabiskan sebagaian besar waktunya hanya untuk makan dan tidur. Yang dimaksud dengan makan di sini tentu saja adalah minum ASI, bukan makan makanan seperti orang dewasa atau anak-anak yang telah mulai dewasa.

Salah satu aktivitas yang senantiasa dilakukan oleh setiap bayi untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka adalah tidur. Tidur merupakan salah satu bagian penting bagi kehidupan setiap bayi. Karena, kualitas dan kuantitas tidur yang baik pada bayi akan memberikan dampak positif pada bayi. Kualitas dan kuantitas tidur yang baik pada bayi dapat mendukung kualitas kesehatan dan proses pertumbuhan si bayi. Untuk itu, tidur harus menjadi salah satu hal yang senantiasa menjadi titik perhatian bagi setiap orangtua.

boboAda beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap orangtua manakala hendak menidurkan bayi mereka sehingga si bayi akan tidur dalam keadaan aman dan nyaman. Jika anda memiliki tempat tidur khusus bagi bayi (box), mungkin tidak akan terlalu repot untuk mengatur bagaimana agar si bayi dapat tidur dengan aman. Namun, lain halnya jika bayi anda tidak memiliki tempat tidur khusus bagi bayi. Jika anda hendak menidurkan si bayi di ranjang anda, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Tidurkan bayi pada tempat tidur yang berpermukaan rata/datar.
  • Tidurkan bayi pada posisi telentang atau miring, kecuali memang ada hal yang tidak membolehkannya untuk tidur dengan posisi tersebut (karena adanya penyakit misalnya).
  • Buatlah sisi tempat tidur si bayi agar lebih tinggi dari permukaan yang menopang badannya untuk menjaga bayi agar tidak terjatuh saat ia bergerak atau terbangun. Anda juga dapat melakukan penjagaan dengan meletakkan bantal atau guling yang besar di setiap sisi tempat tidur si bayi. Agar lebih aman, gunakan bantal atau guling yang berat.
  • Jauhkan si bayi yang tengah tidur dari jangkauan anak-anak dan hindarkan benda-benda yang sekiranya dapat menjatuhinya.
  • Jangan lupa untuk memasang kelambu bayi agar si bayi terhindar dari gigitan-gigitan nyamuk.
  • Hindarkan si bayi dari asap (asap rokok dan lain-lain) yang dapat menyebabkan infeksi pernafasan pada bayi.

Demikian. Semoga bermanfaat.

www.sekeluarga.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: